Tips Merawat Gir dan Rantai Motor - Rantai dan Gir merupakan salah satu komponen vital pada sepeda motor, kedua komponen ini berfungsi tuk memindahkan tenaga dari mesin ke roda motor. Nah..apabila anda salah melakukan perawatan pada kedua part penting ini, selain kendaraan gak nyaman saat dikendarai dapat juga akan mengakibatkan hal nan membahayakan bagi pengendara pada saat kendaraan sedang melaju.
Tapi bagaimana caranya, agar kondisi rantai dan gir kendaraan tetap dalam kondisi nan baik. Berikut ini tips merawat rantai dan gir motor agar kondisinya selalu dalam keadaan baik dan tentunya membuat laju kendaraan menjadi lebih nyaman.
Hal nan paling utama dalam perawatan rantai dan gir motor adalah memberikan pelumas pada kedua part tersebut. Dan apabila diketahui permukaan rantai terlihat kering ataupun berkarat, bersihkan rantai dengan chain cleaner atau cairan khusus pembersih, jika gak ada dapat menggunakan solar atau bensin tuk membersihkan kotoran nan menempel sebelum rantai diolesi dengan pelumas.
Setelah permukaan rantai bersih, oleskan rantai dengan cairan pelumas secara merata, tapi ingat jangan menggunakan oli bekas sebagai pelumas, sebab pelumas dari oli bekas akan cepat mengundang debu menempel pada rantai, selain itu penggunaan pelumas dengan oli bekas juga akan mempercepat keausan pada rantai dan gir, sehingga akan sangat berpengaruh pada kekuatan rantai motor, dengan begitu akan membuat kendaraan menjadi gak nyaman saat dikendarai. Nah..supaya gir dan rantai tetap awet dan tahan lama, gunakan pelumas nan khusus tuk rantai dan gir motor, sehingga dengan kondisi gir dan rantai nan baik, tentu akan membuat kendaraan lebih nyaman saat dikendarai.
Selain memberikan pelumasan pada rantai dan gir, hal lain nan perlu diperhatikan adalah tingkat kekencangan rantai. apabila rantai ditarik menggunakan jari terasa longgar ini menandakan rantai perlu dikencangkan. Caranya dengan menyetel baut swing arm pada bagian belakang motor, upayakan jarak bebas rantai saat ditekan dengan jari antara 20-30 mm. dan apabila telah distel tapi rantai masih terasa kendor, sebaiknya ganti dengan nan baru dan jangan sekali-kali dipotong sebab dapat membuat dudukan rantai dan gir gak pas.
jika tetap dipaksakan, dapat membuat gir menjadi cepat aus bahkan membuat rantai mudah putus, dan tentunya hal ini akan membahayakan pengendara, jikapun mau dipotong, sebaiknya konsultasikan pada mekanik nan lebih berpengalaman agar penanganannya gak keliru. Dan nan terakhir, perhatikan masa pakai gir, apabila telah menempuh jarak 15.000-20.000 km atau gir terlihat telah lancip, telah waktunya gir tersebut diganti dengan nan baru.